LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
SMK NEGERI 36 JAKARTA
DI
PT.KOMATSU INDONESIA
DISUSUN OLEH:
Nama: AHMAD AFFANDI
NIS : 6385
Kelas : XII TAB
Jurusan: TEK. ALAT BERAT
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI DKI JAKARTA
SMK NEGERI 36 JAKARTA
Jl.kosambi III, Celincing,Jakarta Utara 14110 Telp.(021) 401523
DAFTAR HADIR SISWA PKL/PPL
NAMA : AHMAD AFFANDI
NIS : 6385
BULAN : MARET
Tgl Masuk
jam Pulang
jam Paraf
Pem.DU/DI Uraian kerja
1 06.35 16.10 5k& painting meja
2 06.34 16.12 5k&painting tembok
3 06.34 16.09 5k&memotong besi
4 06.47 16.09 5k&painting meja
5 06.46 16.37 5k&memotong besi
8 06.44 16.13 5k&membersihkan track roler PC 130 S/d 400
9 06.41 16.10 5k&membersihkan track roler PC 130 S/d 400
10 06.39 16.08 5k&membersihkan track roler PC 130 S/d 400
11 06.41 16.08 5k&membersihkan track roler PC 130 S/d 400
12 06.35 16.40 5k&membersihkan track roler PC 130 S/d 400
15 06.33 16.10 5k&membersihkan track roler PC 130 S/d 400
17 06.38 16.08 5k&membersihkan eskavator PC 130 dan 300
18 06.40 16.11 5k&membersihkan rung kabin eskavator dan dump truck
19 06.46 16.36 5k&painting bulldozer D85
22 06.39 16.08 5k& painting bulldozer D85
23 06.40 16.12 5k&masking bulldozer D85
24 06.38 16.12 5k&masking bulldozer D85
25 06.38 16.14 5k&masking bulldozer D85
26 06.41 16.43 5k&masking eskavator PC 130-400
29 06.33 16.12 5k&masking eskavator PC 130
30 06.45 16.11 5k&masking eskavator PC 130
31 06.48 16.11 5k&masking eskavator PC 130
DAFTAR HADIR SISWA PKL/PPL
NAMA : AHMAD AFFANDI
NIS : 6385
BULAN : FEBUARI
TGL Masuk
jam Keluar
jam Paraf
Pem.DU/DI Uraian kerja
1 06.30 09.00 Pemberian pelajaran tentang APD dan sebagainya
2 06.30 16.00 ISO 14001
3 06.20 16.00 Mempraktekan 5k& membersihkan engine
4 06.32 16.14 Mengamplas painting steen engine D68
5 06.26 16.39 Melengkapi painting sten engine D68
8 06.34 16.13 Membuka penutup-penutup power train
9 06.32 16.13 Membersihkan bagian-bagian ulir bulldozer D85
10 06.33 16.11 Membersihkan bagian-bagian ulir bulldozer D85
11 06.30 16.12 5k& painting tangga
12 06.37 16.36 Painting tangga, trolly dan tempat solven 5k
15 06.40 16.11 5k& membersihkan ruang tool rooms
16 06.39 16.12 5k& painting meja
17 06.52 16.09 5k& ke klinik sakit
22 06.39 16.08 5k Melengkapi painting sten engine D68
23 06.50 16.27 5k& membuat speser
24 06.41 16.15 5k& membuat speser
25 06.33 16.11 5k& mengecet gawangan dan bugie
7. Tujuan Praktek Kerja Industri
Prakerin merupakan salah satu bagian dari kurikulum sekolah. Hal ini
Di lakukan supaya siswa dapat memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti ujian
Akhir nasional. Adapun tujuan yang ingin dicapai melalui pelaksanaan prakerin ini antara
Lain :
A. Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya sebagai bekal di masa depan untuk menghadapi persaingan global.
B. Menjadikan siswa lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan kewajiban.
C. Memperluas pandangan siswa terhadap pekerjaan yang dijalankan
D. Memperkenalkan kemampuan siswa dalam rangka pemasaraan kerja lulusan SMK N 36 jakarta pada masyarakat dan dunia kerja
8. Tujuan Pembuatan Laporan
Setelah melaksanakan prakerin kita di haruskan membuat & menulis laporan
yang bertujuan untuk:
A. Sebagai bukti tertulis bahwa siswa telah melakukan prakerin lapangan
B. Salah satu persyaratan mengikuti UAN
C. Serta dapat memberikan tambahan ilmu dan pengetahuan bagi pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri.
B.PENGUMPULAN DATA
1. Metode studi lapangan
Dalam melaksanakan metode ini penulis turun langsung kelapangan dan menanyakan hal-hal yan dibutuhkan untuk membuat laporan.
2. Metode studi pudtaka
Adalah dengan cara mencari buku-buku refensi atau panduan yan berhubungan dengan kegiatan prakerin.
3. Metode koordinatif
Dalam hal penulisa melakukan tanya jawab dengan pihak yang bersangkutan megenai pahaman disekolah maupun di industri. kekurangan
Kata pengantar
Alhamdulillah,puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kami. Sehingga kami dapat menyelesaikan praktek kerja industri di PT.KAWASAKI MOTOR INDONESIA yang telah kami laksanakan pada tanggal 1maret sampai 31april 2010 sebagai mana kita ketahui pembuatan laporan prakerin di wajibkan bagi siswa yang telah maelakukan praktek kerja industri.
Mudah-mudahan laporan ini dapat berguna bagi para pembaca sekalian secara umum dan khususnya bagi diri saya pribadi. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada banyak pihak karena telah banyak membantu kami dalam melaksanakan praktek kerja industri (prakirin). Kami sangat berterima kasih kepada:
1. Orang tua di rumah yang telah member dorongan dan motifasi kepada penulis.
2. Bapak Dedi Dwitagama MM Msi selaku Kepala Sekolah SMKN 36 jakarta
3. Bapak Samun sogir, selaku sebagai pembimbing Penyusun Laporan prakerin
4. Bapak Rudi Kurnainto, selaku manager assembling Departmen PT. KOMATSU INDONESIA
5. Bapak suwitno, selaku pembimbing prakerin PT. KOMATSU INDONESIA
6. Seluruh staff dan karyawan PT.KOMATSU INDONESIA atas segala bantuan yang telah di berikan
7. Bapak/Ibu guru yang langsung maupun tidak langsung yang teleh mendidik mengajarkan di sekolah .
Kami menyadri bahwa didalam penulisan laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Untuk itu kami mohon kritik dan saran supaya kami bisa lebih baik lagi untuk kedepannya.
Penyusun
(ahmad affandi)
Nis.6385
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN
Kesimpulannya saya dapat mempelajari dan lebih memahami dunia industri yang sebelumnya belum pernah saya kenal
SARAN
- Saran untuk sekolah
Sekolah harus benar-benar menyediakan secara lengkaptempat prakerin sesuai jurusan masing-masing terutama jurusan Agribisnis perikanan agar tahun depan tidak mengecewakan siswa/I kembali yang akan prakerin sesuai dengan jurusannya
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
A. Tujuan pendidikan nasional
Pendidikan nasional merupakan pilar tegaknya bangsa akan tegak mampu menjaga martabat. Dalam UU20/2003 tentang system pendidikan nasional,pasl 3 disebutkan pendidikan nasionalberfungsi mengembangkan kemampuan membentuk bangsa,bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang ckap,kreatif,mandiri dan menjadi warga Negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.
Visi dan misi pendidikan nasional telh menjadi terwujudnya
Rumusn dan dituangkan pada bagian “penjelasan” atas UU 20/2003 tentang sistem pendidikan nasional. Visi dan Misi pendidikan nasional ini adalah merupakan bagian dari strategi pembaruan didtem pendidikan.
B. Visi pendidikan nsional
Pendididkan nasional mempunyai visi terwujudnya sistem pwndidikn sebagai perantaraa sosial yang kuat dan beribawa untk memperdayakan semua negara indonesia berkembang menjadi manusia yang bekualitas ehingga mampu dan prokatif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
C. Misi pendidikan nasional
Denagan vii pendidikan tersebut,pendidikan nasional mempunyai misi sebagai berikut:
· Mengupayakan perluasan dan pemerataan kesempatan memeperoleh pendidikan yang bermutu bagi masyarakat indoneia.
· Membantu dan memfasilitasi pengembangan poteni anak bangsa secara utuh sejak usia dina sampai akhir hayat dalam rangka memujudkan masyarakat belajar.
· Meningkatkan kesiapan masukandan kualita proses pendidikan untuk mengoptimalkan pembentukan kepribadian yang bermoral.
· Meningkatkan keprofesional dan akuntabilitasi lembaga pendidikan sebagai pusat pembudidayaan ilmu pengetahuan,ketermpilan,pengalaman,dn nilai bedasrkan standar nasional global
· memberdayakan peran masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan bedasarkan prinsip otonomi dalam konteks negara kesatuan RI.
4
D. Tujuan sekolah menengah kejuruan
A. Visi
Terwujudnya smk betaraf internasional,menghasilkan tamatan yang memiliki jati diri bangsa, mampu mengembangkan keunggulan lokal mampu bersaing dipasar global.
B. Misi
Ø Maningkatkan perofesionalisme dan good dovernance SMK sebagai pusat pembudidayaan kopetensi
Ø Meningkatkan mutu penyelangaraan pendidikan
Ø Membangun dan memberdayakan SMK bertaraf internasional sehingga menghasilkan lulusan jati diri bangsa competitif di pasar nasional dan global
Ø Memperdayakan SMK untuk mengembangkan potensi lokal menjadi ke unggulan komparatif
Ø Memperdayakan SMK untuk mengembangkan kerjasama dengan industri PPPG,LPMP,dan Berbagai Lembaga Terkait
Ø Meningkatkan perluasan dan pemerataan akses pendidikan kejuruan yang bermutu.
E. Tujuan Sekolah SMK Negeri 36 Jakarta
Menjadikan SMKN 36 sebagai lembaga dan pelatihan yang perofesional dan mandiri mengujudkan lulusan yang kopeten,berdedikasi,kasih sayang,peduli dan berakhlak mulia.
F. Tujuan Program Keahlian Alat Berat
A. Mencetak tenaga ahli media profesional dalam bidang alat tekhnik alat berat yang handal pada kebutuhan industri dengan spesifikasi kopetensi sebagai berikut
Ø Siswa mampu mengoprasikan alat peralatan alat berat
Ø Siswa mampu memperbaiki kelistrikan alat berat
Ø Siswa mampu memperbaiki pemindai tenaga
Ø Siswa mampu memperbaiki mesin hydraulic
Ø Siswa mampu memperbaiki mesin penomatic
4
Lembaran pengesahan
Setelah memperhatikan dan mempertimbangkan dari laporan kegiatan prakerin siswa
Ø PT.KOMATSU INDONESIA
Dengan ini siswa dapat mengikuti kegiatan ujian untuk kerja produktif dan mengikuti ujian nasional.
Maka dengan ini sekolah menegah kejuruan (SMK) Negeri 36 jakarta untuk dapat disyahkan
Ditetapkan di
Jakarta
Tanggal 19 juli 2010
Menyetujui:
Orang tua peserta didik
(M.BADRI) (AHMAD AFFANDI)
Mengetahui
Ketua program keahlian Waka.Bid.Humas/dudi
Teknik alat berat
(ALBERT MUNTHE) (DRS.HADIR SAMBIRNG)
1
BAB III
PENUTUP
1. Saran
Beberapa saran yang perlu disampaikan, yaitu:
1. Sering berkomunikasi dengan para pembimbing dan bersilahtirahmi
2. Harus selalu disiplin ,menghormati , menjaga nama baik sekolah dan perusahaan
Serta taat menjalankan perauturan yang ada di perusahaan
3. Untuk mempermudajh mencari prakerin yang sesuai dengan jurusan mak para Pembina
Pembinbing prakerin harus memberi solusi dan dorongan dalam proses mencari tempat prakerin yang tepat
4. Dalam melaksanakan prakerin kita harus semangat , jujur dan disipin baik dalam bidang waktu maupun pekerjaan dan kerapihan
2. Kesimpulan
Dengan melakukan kegiatan prakerin tersebut kita akan memperoleh ilmu yang bermanfaat dan pengalaman berada didalam dunia industri yang sebenarnya.
Dan di industri berbeda disekoah kita akan melakukan praktek yang sebenarnya dan dibimbing oleh para pembimbing yang akan menjadi pengganti guru kita disekolah maja dari itu kita harus selalu mentaati peraturan yang ada diindustri dan mnjaga nama baiknya , kita pun menjaga nama baik sekolah kita dengan kedisiplinan waktu , kerapian , kejujuran , bersungguh-sungguh, jangan mencuri, selalu mendengarkan instruksi yang diberikan pmbimbing dan berpegang teguh pada diri kita masing-masing , jangan terlalu percaya pada orang lain.
DAFTAR ISI
Lembaran pengesahan…………………………………………………………………….1
Kata pengantar……………………………………………………………………………..2
Daftar isi……………………………………………………………………………………..3
BAB I PENDAHULUAN
Maksud dan tujuan…………………………………………………………………………4
Tujuan pendidikan nasional………………………………………………………4
Tujuan pendidikan smk……………………………………………………………4
Tujuan program keahlian………………………………………………………….4
Tujuan prakerin…………………………………………………………………….5
BAB II LAPORAN PRAKERIN
Jadwal kegiatan……………………………………………………………………6-15
BAB III PENUTUP
Saran………………………………………………………………………………..16
Kesimpulan…………………………………………………………………………17
Lampiiran-lampiran………………………………………………………………………..18
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Jurnal kegiatan prakerin
2. Jadwal kegiatan prakerin
3. Daftar pelaksanaan kegiatan
4. Daftar DUDI tempat prakerin
5. Data penempatan peserta prakerin di DUDI
6. Daftar hadir peserta prakerin
7. Daftar hadir pembimbing prakerin
8. Profil kompetensi bidang keahlian
9. Rekap nilai hasil prakerin
10. Foto-foto kegiatan prakerin
18
maaf gan mau tanyak klu prakerin nya AB itu dimana?? ane anak malang ..
BalasHapustolong imfonya gan