Selasa, 02 November 2010

f. Kunci Jawaban Formatif 1

1)Prinsip Kerja dan Konstruksi Main Clutch Assy :
Konstruksi Main Clutch
Clutch terdiri dari bos, disc plate, permukaan clutch, damper
spring dan damper plate. Permukaan clutch terbuat dari bahan
wooven, molded dan sintered alloy yang dipasang dengan paku
keling pada kedua permukaan disc. Pada permukaan clutch
yang bergesekan terdapat alur untuk mendapatkan variasi
pertemuan pada saat engage. Agar pada saat engage secara
rata dan perlahan, maka pada disc dilengkapi dengan cushion
plate.
Prinsip Kerja Main Clutch
Engage : Aliran oli bertekanan diatur oleh transmission control
valve masuk melalui port A menekan piston dan melawan
kekuatan spring/pegas, sehingga susunan disc dan plate akan
merapat (engage). Karena piston dan plate diikat oleh pin ke
transmission housing, maka disc akan menekan ring gear untuk
tidak berputar.
23
Dis-engage : Aliran oli bertekanan didrain lewat control valve
dimana return spring mendorong piston ke posisi semula dan
oli kembali ke case melalui port A.
2) Prosedur Pembongkaran dan Perakitan Main Clutch
Assy
Prosedur Pembongkaran
a) Melepas transmission assembly dari transfer case.
b) Melepas output shaft dan cover
c) Melepas speedometer drive gear
d) Melepas input shaft cage dan gear
e) Melepas cover dan brake assembly
f) Melepas coupling assembly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar