Selasa, 02 November 2010

Ruang Bakar Tidak Langsung

1) Ruang bakar muka ( Precombustion chamber )
Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah, bahan bakar
disemprotkan kedalam ruang bakar muka oleh injection nozzle.
Sebagian bahan bakar yang tidak terbakar dalam ruang bakar
muka didorong melalui saluran kecil antara ruang bakar muka
dan ruang bakar utama. Maka terjadi pencampuran yang baik
dan terbakar seluruhnya diruang bakar utama.
Gambar.08. Ruang Bakar Muka
Keuntungan :
1. Jenis bahan bakar yang digunakan lebih luas, dikarenakan
turbolensi sangat baik untuk mengabutkan bahan baker.
2. Perawatan pompa injeksi lebih gampang karena tekanan
penyemprotan lebih rendah dan tidak terlalu peka terhadap
perubahan saat injeksi.
3. Detonasi berkurang dan bekerjanya mesin lebih baik sebab
menggunakan trottle nozzle.
Kerugian :
1. Biaya pembuatan lebih mahal sebab perencanaan cylinder
head lebih rumit.
2. Membutuhkan motor starter yang besar. Kemampuan start
lebih buruk karena itu harus menggunakan alat pemanas.
3. Pemakaian bahan bakar boros.
18
2)Ruang Bakar Pusar ( Swirl combustion chamber )
Gambar.09. Ruang Bakar Pusar
Seperti yang ditunjukan pada gambar, ruang bakar model
pusar (Swirl combustion chamber ) berbentuk bundar. Piston
memampatkan udara, sehingga udara tersebut masuk
kedalam ruang bakar pusar dan membuat aliran turbulensi.
Bahan bakar diinjeksikan kedalam udara turbulensi dan
terbakar didalam ruang bakar pusar. Tetapi sebagian bahan
bakar yang belum terbakar didalam seluruhnya diruang bakar
utama.
Keuntungan :
1. Dapat menghasilkan putaran tinggi karena turbulensi yang
sangat baik pada saat kompresi.
2. Gangguan pada nozzle berkurang karena menggunakan
nozzle tipe pin.
3. Putaran mesin lebih tinggi, menyebabkan jenis ini cocok
untuk automobil.
19
Kerugian :
1. Konstruksi cylinder head rumit
2. Efisiensi panas dan pemakaian bahan bakar lebih boros
dibandingkan dengan tipe ruang bakar langsung (direct
combustion).
3. Detonasi lebih besar pada kecepatan rendah.
4. Prosedur Melepas Kepala Silinder ( Cylinder head )
Sebelum melakukan pembongkaran kepala silinder, periksa
komponen-komponennya dari kerusakan kemudian bersihkan atau
cuci mesin agar dalam melakukan pekerjaan dapat lebih cepat dan
nyaman kemudian melepas kabel negatif dari terminal (-) baterai.
1. Melepas Motor Starter dan Alternator
Gambar.10.Motor Stater dan Alternator
a. Sebelum mencuci mesin terlebih dahulu melepas motor
starter (1) dan alternator (2).
b. Melepas semua penutup mesin.
c. Mencuci mesin dengan bak pencuci mesin.
d. Menyiapkan engine stand untuk meletakkan mesin.
2. Mengeluarkan minyak pelumas mesin.
3. Melepas pompa air.
a. Melepas pipa air(1)
b. Melepas klem pipa air(2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar